Definisi dan Penjelasan tentang Struktur Processor

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   3/22/2017 02:53:00 PM
Processor adalah salah satu komponen terpenting dalam komputer, processor bekerja sebagai jantung dari sebuah komputer, processor bisa disebut juga dengan cpu, namun terkadang orang awam salah mengartikan cpu dengan kotak casing komputer. Meskipun terlihat kecil namun processor memiliki 3 struktur utama meliputi, Control unit, ALU, dan Memory/register.

Definisi dan Penjelasan tentang Struktur Processor

Struktur, dan Penjelasan Processor / CPU
CPU adalah komponen berupa chip atau IC (integrated circuit) berbentuk persegi empat dan merupakan otak serta pengendali proses kerja komputer. Satuan kecepatan processor adalah Mhz (Megahertz) atau Ghz(Gigahertz)

Definisi dan Penjelasan tentang Struktur Processor

BAGIAN-BAGIAN PROCESSOR

Pada processor, terdapat 3 bagian utama yaitu.

1.       Control Unit

CU (Control unit) merupakan pengatur lalu lintas data yang mempunyai fungsi sebagai berikut.
  1.         - Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  2.         - Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  3.          - Mengambil data dari memori utama jika diperlukan oleh proses.
  4.         - Mengirim instruksi ke arithmetic and logic unit (ALU) bila ada perhitungan aritmetika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit.
  5.         - Menyimpan hasil proses memori utama.

2.       Arithmetic and logic unit (ALU)

adalah bagian dalam sistem di dalam processor yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND OR dan NOT(invers)

3.       Memori atau register

Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekira 5 sampai 10kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU. Sementara itu, instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.

·          Fungsi register

1. tempat mengatur semua instruksi program pada komputer
2. Pengolahan semua aktivitas kinerja pada komputer.

·              Istilah Pada Processor


1.       Bus clock/FSB
Bus clock adalaha lebar jalur transfer pada processor yang berfungsi mengirim dan mengambil data dari komponen komputer.
2.       Clock speed processor
Clock speed processor adalah kecepatan Processor dalam melakukan proses data atau eksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam waktu per detik.
3.       Cache memory
Cache memory adalah jenis memori yang dibenamkan pada processor yang berfungsi menyimpan perintah yang dilakukan processor.
4.     OC/Overclock CPU
Overclock CPU adalah teknik untuk meningkatkan atau menaikkan nilai clock speed processor dari kecepatan normal yang dimiliki processor. Overclock ini dilakukan dengan mengubah pengaturan nilai FSB(front side bus) dan multiplier pada Motherboard dan processor jenis lama.
Amd fx processor


Tampilkan Komentar