Macam-Macam File System Pada Windows dan Pengertiannya

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   4/03/2017 08:35:00 PM

Berita TKJ akan memberikan artikel tentang Macam-Macam File System Pada Windows dan Pengertiannya.

Macam-Macam File System Pada Windows dan Pengertiannya


Sistem operasi - File system  adalah metode menyimpan dan mengorganisir file dan data supaya bisa dengan mudah untuk dilakukan pencarian dan akses data tersebut.

berita-tkj file system

Ada beberapa file system yang sangat populer saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut.



Macam-Macam File System Pada Windows dan Pengertiannya


1. Fat 16
fat 16

Fat 16  pertama kali diperkenalkan pada era MS-DOS yang masih menggunakan cluster address 16-bit, sehingga hanya bisa mempunyai partisi dengan kapasitas maksimal 2GB. Penamaan file ini menggunakan metode 8,3 (8 file dan 3 extension).

2. Fat 32
fat32

Fat 32  adalah  pengembangan dari file system pendahulunya (Fat 16), Fat 32 Pertama kali diperkenalkan pada Windows 98, Fat 32 menggunakan Cluster address 32 bit, dan memungkinkan untuk bisa membuat partisi yang besarnya mencapai 124GB. namun apabila ingin melakukan format dari windows maka akan terbatas hanya sampai 32GB. Besar maksimal file Fat32 adalah 4GB.

3. NTFS
NTFS


NTFS -  adalah file system yang digunakan sejak Windows NT(2000,XP,20003,Vista,7,8,10) NTFS dapat memiliki besar partisi maksimal hingga 256 TB, sedangkan besar per-data nya adalah 16TB, NTFS mendukung database yang berisi informasi suatu file atau bisa disebut dengan (metadata). Di bawah ini adalah macam-macam falisitas yang dimiliki oleh NTFS
  1. Quota : pembatasan besar maksimal data untuk setiap user.
  2. Enkripsi : Fasilitas untuk memproteksi data dengan mengacak terhadap bit pada suatu file, sehingga tidak bisa dibaca oleh user yang tidak berhak.
  3. Kompresi : fasilitas pemampatan data, sehingga space menjadi lebih lapang

Demikian artikel dari Berita TKJ tentang "Macam-Macam File System Pada Windows dan Pengertiannya" semoga membantu, terima kasih..


Tampilkan Komentar