Jenis-Jenis Optical Disc

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   4/05/2017 03:17:00 PM

Berita TKJ akan memberikan artikel tentang "Jenis-Jenis Optical Disc" Simak dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut :D. 


Teknologi - Apa itu optical disc? optical disc atau bisa disebut dengan piringan optic adalah sebuah perangkat keras yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetic rendah untuk melakukan pembacaan (reading) dari optical disc dan juga penulisan (writing) data. Optical disc dapat menampung data hinga ratusan bahkan sampai ribuan kali jika dibandingkan dengan daya tampung disket. piringan optik dapat berupa CD atau DVD. beberapa drive hanya bisa membaca data pada disc, namun teknologi saat ini memperbolehkan sebuah drive untuk melakukakn pembacaan maupun penulisan pada Drive.

Optical Disc beritatkj


Ciri-ciri Optical Disc

  1. menggunakan laser untuk membaca
  2. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya besar
  3. Dapat membaca dengan cepat



Jenis-jenis Optical Disc




1. Compact Disc (CD)
CD atau laser optical disc adalah jenis Piringan optik generasi pertama kali yang muncul sebelum adanya DVD. proses read dan write masih dilakukan oleh sinar laser. Oleh karena itu CD jauh lebih cepat dibanding Disket.

Ada 3 macam CD diantaranya adalah :

  1. CD ROM (Compact disc read only memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data yang cukup besar, dapat mencapai 700MB
  2. CD-WORM (Compact disc write only memory) adalah compact disc yang dapat ditulis lewat komputer . sesuai namanya proses menulis hanya dapat dilakukan sekali, setelah ditulis data tidak bisa dihapus atau dirubah. biasanya dikenal dengan CD-R(Recordable).
  3. CD-RW (Compact Disc Rewritable) adalah Compact Disc yang memungkinkan data yang sudah direkam dapat dihapuis dan diganti dengan data yang baru.
  4. CD-R (Compact Disc Recordable) merupakan CD yang hanya bisa menyimpan data dan isinya tidak bisa diubah lagi.
compact disc



2. Digital Video Disc (DVD)
DVD adalah generasi selanjutnya dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD berkapasitas jauh lebih besar dibanding CD. Dan juga jauh lebih cepat dengan Kecepatan rata-rata transfer hingga 1,321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12MB/s
DVD oke

Blu-ray Disc
Blu-ray adalah format optik yang berfungsi untuk menyimpan media digital, termasuk video High definition berkapasitas tinggi. Blu-ray merupakan perkembangan dari CD dan DVD, keunggulan Blu-ray yaitu pada lapisan sided Blu-ray disc, yaitu lebih besar 35 kali dibanding CD, dan lebih besar 5 kali dari DVD. Kapasitas Blu-ray dual layer memiliki kemampuan penyimpanan hingga 50GB per keping.

Teknologi Blu-ray memanfaatkan sinar laser ungu-biru untuk membaca dan menulis data pada disc optik. Satu Blu-ray disc berkapasitas 25GB single layer.
blu-ray yaa
Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc)
Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) merupakan jenis Optical Disc yang dapat menampung data hingga 140GB sekaligus, dengan kecepatan baca data sampai 1GB/s.

FM Disc berbeda dengan Optical Disc yang beredar saat ini, warnanya tidak keemasan atau keperakan, namun warnanya bening seperti plastik transparan.

gambar fm disc yhaa


sekian dari Berita TKJ tentang "Jenis-Jenis Optical Disc" semoga membantu anda untuk menambah pengetahuan :D


Tampilkan Komentar