Apa Itu HSDPA, HSUPA, HSPA, dan HSPA+

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   3/20/2017 08:00:00 PM
JARINGAN - memang keempatnya terdengar sama namun sebenarnya berbeda, dan apakah perbedaan keempatnya ? yuk cek disini ..

High-Speed Downlink Packet Access "HSDPA" Ialah sebuah protokol telepon, dan kadang kala di sebut dengan 3,5G
HSDPA yaitu merupakan evolusi dari W-CDMA Dan didesain untuk memiliki kecepatan transfer lima kali lebih tinggi. HSDPA mendefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA tidak hanya digunakan pada telepon genggam, namun sudah sampai merambah pada modem, Tab, dll
Keunggulan teknologi HSDPA
Dapat digunakan secara masiv, bersama-sama namun berimbas koneksi download sedikit lambat
Frekuensi yang dipakai oleh teknologi ini sudah dimaksimalisasikan secara efektif dan efisien dengan pemakaian bandwith
Mengurangi delay download, namun biasanya mengalami keterhambatan data

High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA) adalah protokol telepon genggam3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan unggah/"uplink" hingga 5.76 Mbit/s. Nama HSUPA dibuat oleh Nokia. 3GPP tidak mendukung istilah 'HSUPA', sebagai gantinya digunakan istilah Enhanced Uplink (EUL).

Keunggulan HSUPA
Kecepatan Upload tinggi mencapai  5,76 Mbit/s

(High Speed Packet Access) HSPA merupakan induknya dari HSDPA dan HSUPA. HSPA merupakan hasil pengembangan dari teknologi 3G  pertama, Release 99 atau (R99). Sehingga HSPA mampu lebih cepat bila jika dibandingkan dengan koneksi R99.

HSPA+ (Evolved High-Speed Packet Access)

atau biasa disebut HSPA+ adalah teknologi pengembangan dari versi sebelumnya yaitu HSPA dengan kemampuan transfer data mencapai 42 Mbit/s untuk downlink dengan memakai modulasi 64QAM dan 11 Mbit/s untuk uplink dengan modulasi 16QAM. Pengembangan lainnya pada HSPA+ adalah dengan ditambahkannya pemakaian antena Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk mendorong peningkatan kecepatan data. HSPA+ memberikan pilihan berupa arsitektur all-IP (Internet Protocol) yang dapat mempercepat jaringan serta lebih murah dalam penyebaran dan pengontrolannya.
Perbandingan kecepatan 2g, 3g, hspa, hspa+, dan LTE

Perbedaan HSDPA, HSUPA, HSPA, dan HSPA+
KESIMPULAN :
Perbedaan HSDPA, HSUPA, HSPA, dan HSPA+

HSPA adalah pengembangan 3G pertama dari  R99, sedangkan HSDPA adalah teknologi pengembangan dari HSPA namun hanya berfokus untuk meningkatkan kecepatan DOWNLOAD saja, dan begitu pula dengan HSUPA yang berfokus untuk meningkatkan kecepatan UPLOAD, dan HSPA+ yaitu pengembangan dari HSPA dan memiliki kecepatan  transfer data mencapai 42 Mbit/s untuk downlink dan dan 11 Mbit/s untuk uplink, yang sekarang hampir dari semua smartphone memakai teknologi HSPA+ .

Tampilkan Komentar