Network Essentials CISCO Part 2

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   2/08/2018 04:13:00 PM
PENGERTIAN

network essensial adalah sebuah dasar dari jaringan atau network.

LATAR BELAKANG

sebelum jauh ke dalam konfigurasi, konsep dan dasar sebuah jaringan perlu dipahami terlebih dahulu. ini akan memudahkan proses pemahaman ke jenjang selanjutnya.


MAKSUD DAN TUJUAN

menguasai dasar - dasar jaringan / network fundamentals.


HAL YANG DIHARAPKAN

Menguasai network fundamentals


PROSES PELAKSANAAN

elemen penting komunikasi : 

  1. sumber 
  2. tujuan 
  3. media transmisi


Dalam melakukan pertukaran data membutuhkan sebuah protokol. protokol adalah aturan dan protokol stack adalah sebuah protokol yang bersifat tetap atau tidak berubah. 
aspek komunikasi data : 

  • format pesan
  • ukuran pesan 
  • waktu pengkodean 
  • pola pesan 
  • enkapsulasi

Dalam vendor berbeda ada yang memiliki protokol khusus dan hanya dipakai oleh vendor tersebut. namanya yaitu protokol probittary. untuk protokol yang disemua vendor ada namanya open protokol. pengiriman sebuah data, harus memiliki tujuan atau alamat. didalam pengiriman data, ada yang namanya unicast, multicast, dan broadcast. 
  1. unicast - pengiriman data pada 1 alamat 
  2. multicast - pengiriman data pada grup atau kelompok alamat 
  3. broadcast - pengiriman kepada semua alamat yang terhubung

ETHERNET



mengapa harus menggunakan ethernet ? kan ada token ring ? 
alasannya karena hampir semua perangkat jaringan menggunakan ethernet. jadi ethernet digunakan sebagai standar yang dikembangkan oleh IEEE. untuk di perangkat jaringan misalnya router itu namanya interfaces dan untuk end device namanya port. contoh ethernet : fast ethernet dan gigabit ethernet. 

proses pengiriman data ada 2 yaitu enkapsulasi ( pembungkusan data ) dan de enkapsulasi ( pembukaan bungkus data ). disini akan ada proses penambahan header pada paket yang sudah dibungkus dan saat terdapat juga proses error detecting jika pada saat melakukan pengiriman data mengalami gangguan.



Tampilkan Komentar