Cara Menghindari Kejahatan Carding

Oleh:   Alfian febriantoro Alfian febriantoro   |   3/26/2017 07:22:00 PM



APA ITU CARDING ?


Carding yaitu salah satu kejahatan di internet yang berupa penipuan dalam proses perbelanjaan.Yaitu menggunakan identitas dan maupun kartu kredit orang lain secara ilegal dengan mengambil data orang lain di internet.


Carder ( Orang yang memakai identitas dan kartu kredit orang lain ) mereka biasanya memiliki sasaran website E-commerce.
Carder




CONTOH KEJAHATAN CARDING


source : https://www.beritateknologi.com/anak-pejabat-ini-ditangkap-polisi-karena-menjual-29-juta-nomor-kartu-kredit/


Cara Menghindari Kejahatan Carding



1. Jangan sembarangan memakai wireless network terbuka, karena biasanya seorang CARDER memanfaatkan koneksi wi-fi terbuka sebagai sarana untuk melakukan Sniffing (pencurian data) menggunakan software seperti : wireshark dll, software tersebut berfungsi untuk menangkap data/cookie dari orang lain dalam satu jaringan untuk memperoleh informasi maupun identitas.

2. Jika melakukan transaksi online, misalnya membeli produk pada Olshop, usahakan cari olshop yang websitenya terenkripsi : Https, dan situsnya sudah populer/mempunyai reputasi yang tinggi, dan Hindari menggunakan jaringan hotspot yang tidak terpercaya ketika melakukan transaksi online karena rawan adanya pencurian data.

3. Jika Anda tiba-tiba diberikan tagihan atas pembayaran yang sama sekali tidak pernah anda lakukan, langsung laporkan kepada pihak yang berwajib agar dilakukan investigasi secepatnya.

4. Apabila Anda mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku sebagai Customer service sebuah perusahaan bank dll, pastikan telepon tersebut memang benar-benar dari perusahaan, konfirmasi keaslian telepon tersebut, karena banyak kasus Carder yang menyamar sebagai customer service untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.

5. Simpan semua surat yang pernah diberikan oleh bank, misalnya seperti surat tagihan, apabila Anda kerepotan untuk menyimpannya sebaiknya hancurkan surat tersebut di karenakan surat tagihan memiliki banyak informasi kartu kredit.

6. Hindari telepon, SMS, ataupun Email dari seseorang/perusahaan yang tidak terpercaya karena itu biasanya adalah sebuah teknik SE(Social engineering/manipulasi psikologis) oleh seorang CARDER ataupun HACKER untuk mengeduk informasi pribadi Anda.

Kesimpulan : Carding adalah kejahatan yang sering dilakukan di zaman modern seperti sekarang, carding dapat dilakukan di mana saja, dan kejahatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, karena mempelajari ilmu carding tidak terlalu susah, tips di atas dibuat bertujuan agar kita lebih hati-hati dan dapat menghindari kejahatan carding di masa sekarang.





Tampilkan Komentar